Home Investment Capital Market Bursa Saham Tak Kondusif, Tiga Perusahaan Ini Tunda IPO

Bursa Saham Tak Kondusif, Tiga Perusahaan Ini Tunda IPO

2 min read

Jakarta, BusinessNews Indonesia – Tiga perusahaan yakni PT Harvest Time, PT Artajasa Pembayaran Elektronics dan PT Wahana Vinyl Nusantara memutuskan untuk menunda pelaksanaan penawaran umum perdana saham atau initial public offering (IPO). Itu dilakukan menyusul kondisi pasar saham saat ini yang masih belum kondusif.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI, Samsul Hidayat mengatakan, masing-masing perseroan memiliki alasan sendiri untuk menunda pelaksaan IPO, salah satunya karena kondisi pasar saham.

“Artajasa itu lebih pada peraturan BI (Bank Indonesia). Kemudian yang Harvest itu enggak tahu kenapa. Wahana Vinyl mungkin ke masalah market,” kata  Samsul di Gedung BEI, Jakarta, Rabu (16/5/2018).

Samsul masih yakin jika kondisi saat ini tidak akan separah pada 2014-2015. Pada 2014 sebanyak 10 perusahaan memutuskan untuk menunda IPO. Kondisi pasar saham saat ini masih lebih baik.

“Saya kira belum sejauh itu. Bayangan saya enggak sejauh itu, karena kalau lihat kekuatan di market sekarang, penurunan diimbangi dengan masuknya investor yang masuk untuk mengambil saham-saham yang turun. Jadi kalau kita lihat saham pengerek harga merah semua, cuma sore hari rebound lagi,” kata dia.

Hingga perdagangan 15 Mei 2018, IHSG sudah susut 8,14 persen ke posisi 5.838,12 dibandingkan posisi tertinggi pada Februari 2018 yang sempat menyentuh 6.689. Investor asing telah melepas saham Rp 38,98 triliun.

Load More By Nurdian Akhmad
Load More In Capital Market

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Check Also

BI Rate Naik, Bank BUMN Belum Menaikkan Bunga KPR

Jakarta, BusinessNews Indonesia – Sejumlah bank BUMN belum merespons kenaikan BI rat…